Tuesday, January 29, 2013

Cinta Pertama, Cinta Sejati, Cinta Sempurna, Cinta-cintaan~

Tahu apa saya sama cinta pertama dan cinta sejati? Yang saya tahu, sejak ketemu dia hidup saya berubah. Saya melihat sesuatu di dirinya yang bisa lengkapi kurangnya saya. Awalnya saya gak yakin, tapi ada satu hal konyol yang saya percaya, bahwa, dulu waktu saya SD, teman-teman lagi keranjingan main ramalan telapak tangan dan saya diminta untuk jadi pasien nya jadi hasilnya, jodoh saya berinisial A. Pada percaya gak? Saya enggak lah awalnya, sih.Tapi, saya dulu pacaran gak pernah ngerasa bener. Paling lama 3 bulan, itu juga digantungin tapi ya masa bodo, saya gak peduli. Lalu, saya jatuh cinta sama Afgan nih, saya jadi fans nya tepat 3 bulan setelah dia debut sampai saat ini (out of topic).

Cinta pertama saya? Saya gak yakin, apakah cinta pertama saya adalah...
sahabat masa kecil saya yang boncengan naik sepeda sama cewek anak komplek luar terus saya kirimin dia surat karena saya males ketemu dia untuk ngomong, marah dan cemburu ceritanya. Gak tau. Tapi, dia pernah jujur sama saya, bahwa saya adalah cinta pertama dia. Jujur, saya dulu sempat suka sama dia tapi lama kelamaan, saya menganggap dia sudah layaknya kakak sendiri, maklum saya anak tertua. (kakak-adekan zone ceritanya). Dari TK kami selalu bareng sampai sering bertukar Mama dan mainan. Jadi kenapa saya gede nya jadi ganteng sendiri, karena teman main rumahan saya gak ada yang cewek. Saya dikenalin sama Kamen Rider, Ultraman, Power Rangers, dll. Cowok itu egois. Giliran diajak main masak-masakan, pada kabur.

Waktu SD, saya pernah dikirimin surat cinta namanya dari anak kelas sebelah. Oh man, anak SD ngerti apa? Saya waktu SD lagi sibuk namatin game Tomb Raider di PS1 dan baca buku Donal Bebek. Gak bohong. Masuk SMP, saya ketemu lagi sama sahabat kecil saya itu. Tapi kami berdua gak sedekat dulu. Kenapa? Karena cerita yang pertama tadi. Baru dikelas 2 SMP, saya dapet pacar nih, sekolahnya di salah satu sekolah agama di Samarinda. Pacar pertama, hanya bertahan sampai 3 hari. Lalu saya nyesal pengin gak pengin balikan, minta bantuin temen malah dia yang pacaran. wkwkwk :) lucu banget kalo diingat-ingat lagi. TERUS, saya naksir kakak kelas 3 nih, bermula dari secret admirer, sampe sempet smsan dan saya kira dia gak tahu saya yang mana. Ternyata waktu saya lagi mau ambil barisan buat upacara, saya papasan sama dia dan dia negur saya. Saya bengong, dan seneng....huakakak. Trus lagi, saya berpindah taksiran kakak kelas ke kakak yang baru lagi lebih ganteng gitu ceritanya...ihik...Tapi keburu dipacarin temen. Hik. But, i've found his twitter account yesterday. Lah terus kenapa shif?. Hahaha. Naik ke kelas 3 SMP, saya dapet pacar lagi, tapi tahan nya cuman sampe 1 minggu. Karena apa? Saya risih sendiri lama-lama. Dan, saya percaya Samarinda itu sempit. Dunia ini sesempit daun kelor! Dia sekarang adalah teman kampus dari sahabat pacar saya. Terus jadi saya ada cerita tadi saya jatuh cinta sama Afgan, ceritanya, saya juga jatuh cinta sama Afgan. Tapi KW. Sumpah. Dari ujung rambut sampe ujung kaki, mirip cuman......kurus banget. Bodoh kalau diingat-ingat lagi gimana reaksi saya tiap liat dia. Sahabat SMP saya pasti ketawa kalau ingat ini.

Enough for Elementary School and Junior High School's love stories, kini masuk ke jaman SMK (karena saya sekolah di SMK, bukan SMA). Masuk di sekolah ini, saya niat banget belajar nya. Belajar mencintai orang. Halah. Jadi, saya sempet suka sama temen sekelas saya, dua kali. Yang pertama, saya cuma kagum sama sifatnya dia dan sampai dimana saat sahabat saya sendiri juga suka sama dia, lalu saya putuskan untuk mundur. Terus ada satu anak kelas yang awalnya saya gak suka, tapi saya seneng curhat sama dia. Akhirnya kami jadian, tapi sebulan doang. Dan jahatnya, saya mutusin dia pas sehari sebelum dia ulang tahun :|. I'm so sorry.

Di kelas 1 semester 2, saya mulai suka sama teman sekelas saya lagi. Chinese. Mirip artis korea. Ihik. Teman sekelas ini kampret semua. Terdengar desas desus bahwa orang kedua yang saya taksir ini sudah naksir saya duluan waktu saya lagi naksir orang pertama dulu. Jadi saya sempat smsan tiap malam sama dia. Tapi dikelas, ngobrol pun saya dan dia gak pernah. Paling hanya liat-liatan, senyum, udah. Kenapa? Ya karena bocah-bocah kelas Multimedia Terpadu ini orang terheboh dan penghapak orang-yg-mau-deketin-gebetan nomor satu di dunia. Iman saya gak cukup kuat pada saat itu. Jadi, saya melakukan hal yang semestinya dilakukan wanita. Menunggu. (lagu Vierra - Terlalu Lama mengalun indah dengan kampretnya). Saya ngasih kesempatan ke dia tapi maklum lah ya cowok emang gak peka.... Lalu saya putuskan untuk memberi jarak untuk sementara waktu sampai nyinyirnya anak-anak kelas mulai berkurang :p.

Nah terus nih, saya lihat satu kakak kelas. Setiap turun sekolah, setiap aksesoris dia warna nya biru. Sama kayak warna kesukaan saya. Biru. Jadi saya panggil dia kakak biru. Tinggi. Putih. Ganteng. Rambutnya lucu. Dan satu lagi, mirip Vidi Aldiano. Gak bohong. Jadi dia sekarang sudah salah pergaulan. Begitu saya tahu dia sekarang gimana. Saya ilfeel.

Bertahun-tahun berlalu...cailah gak deng. Jadi dulu ada salah satu guru disekolah saya, nawarin saya dan 2 sahabat saya untuk gabung di ekskul Jurnalistik dan kebetulan katanya ada kunjungan ke Kaltim Post Balikpapan. Tanpa pikir panjang, saya dan sahabat saya langsung mengiyakan dan nawarin sahabat kecil saya dulu yang pada saat itu adalah pacar salah satu sahabat saya. (pacar mantan terindah, katanya :p) Pas udah mau berangkat, naik bis. Pertama kali saya masuk, saya melihat cowok, matanya sipit pakai kacamata putih, perawakan Chinese sama teman-temannya dibelakang. Ribut. Banget.

Saya ketemu dia. Siapa? Jadi, karena penanda dia adalah kacamata dan mata sipit nya, maka sebutlah dia. Kakak sipit berkacamata putih. Dia......jodoh ramalan SD saya, insya allah. Di pantai, tidak ada yang sadar, saya dan dia pernah ngobrol sebelumnya. Sebelum akhirnya ketemu di Facebook lewat teman nya dia. Saya dan dia sempat kirim-kiriman wall sampai akhirnya dia kasih nomor telepon nya dengan kode supaya di sms duluan gitu. :P. Jadi komunikasi saya dan dia pindah ke sms. Lalu, lama kelamaan dia tidak pernah lagi menghubungi saya. Rasa suka yang saya rasa di awal ke dia, mulai hilang. Saya kembali melihat teman sekelas yang pernah saya taksir. Saya dan dia mulai ada kemajuan. Bisa ngobrol tanpa di "cie-cie-in" walau tetep salting berdua. Saya mulai kangen sama kakak kacamata putih Lalu gak disangka-sangka, kakak kacamata putih itu balik lagi. Dia, Jodoh ramalan SD saya balik lagi. Dia masuk lagi ke kehidupan saya. Mengirimi saya satu pesan singkat lalu bersambung seperti dulu lagi. Dia bilang kangen sama saya. Saya juga sebenarnya. Saya dan dia mulai berhubungan lagi setiap hari lewat sms, facebook dan twitter.

Sabtu, 9 Oktober 2010. Saya pergi ke sekolah dengan niat mau ngasih liat video kucing yang baru saja saya download malamnya. Di kantin. Ternyata ada dia. Dia datang menghampiri saya lalu bertanya "Ntar pulang sama siapa?". "Gak tau, hehe". "Oh," sambil ngangguk kamu bilang lalu pergi. Saya ngerasa ada yang aneh waktu itu. Saya dan kelima sahabat saya merencanakan untuk pergi kerumah salah satu sahabat saya buat main. Saya ngeliat dia lagi. Mondar mandir dari kelas nya dia sampai depan sekolah terus balik lagi ke dalem sekolah. Aneh. Terus malam nya, Saya dan dia ngomongin ayam monas sampai obrolan yang konyol tapi serius seperti "Aku maunya kamu mau ga jd pacarku?" kalimatnya berantakan. Jantung ku juga berantakan. Mau copot. Asem.

Saya dan dia sekarang sudah 2 tahun 3 bulan bareng-bareng. Makan bareng. Nonton bareng. Cerita bareng. Jalan bareng. Susah seneng bareng. Tidur bareng.......#eh. Pokoknya semuanya bareng!

Saya dan dia sudah merencanakan hidup kita berdua untuk beberapa tahun yang akan datang. Walau sebatas lisan, sudah meyakinkan saya kalau dia benar-benar ingin hidup bersama saya dan tua bersama saya. Tapi sepertinya tidak bisa. Saya kan awet muda. #dikeplak

Saya bingung. Dari cerita diatas, saya cerita tentang pengalaman taksir-menaksir saya, gak ada yang beres kan? Itu saya bingung nya. Ketika saya naksir sama cowok, pasti selalu gak kejadian. Tapi giliran saya gak suka atau bisa dibilang woles woles aja sama cowok tersebut, cowok itu datang terus masuk gitu aja ke hidup saya. Saya baru tahu alasan kenapa dia gak ada hubungin saya lagi. Ternyata, dia lagi sibuk latihan Marching Band. Yang kini jadi selingkuhan dia tuh.... Saya sebel. Masa yang dicium trumpet mulu.

Satu lagi. Saya juga bingung sama kalimat "Kalau jodoh gak kemana". Apa ini contohnya?

Dia memang bukan pacar pertama saya. Saya juga bukan pacar pertama dia. FYI, mantan pacarnya banyak. Gak beres pula. Yang satu pernah ngedoain putus, yang satunya lagi pernah ngajak berantem. Itu yang gak waras. Dan, 80% following di twitter dia, cewek semua. Kalau udah megang hp atau tab nya, udah deh. Gak bisa fokus. Dia orang nya keras kepala. Pffft udah ah dikeplak orang nya ntar... Tapi, biar dia cerewet, suka ngomelin, pemaksaan, saya seneng digituin. Artinya dia perduli. Dia perhatian sama saya. Cuma dia yang begitu ke saya. Tapi ya itu. Tetep. Orang nyebelin nomor 1.

Diantara orang-orang yang saya suka, dia adalah cinta pertama saya dan insya allah, dia adalah cinta sejati yang memberikan cinta sempurna #tsahh. Saya gak pernah dapat kasih sayang yang seperti dia kasih. Dia itu sudah merangkap Bapak, Kakak, Om, Kakek, Emak-emak dan pacar bagi saya. Saya pernah yang namanya kehilangan dan terpisahkan. Saya trauma sama dua hal itu. Saya takut. Dan sekarang saya takut kehilangan dia. Kenapa ya? Lah, wong tulang rusuk sama hati saya ada sama dia...

"Sungguh hati ini tak mampu ungkapkan, semua rasa yang lama terpendam di dada, hanya kamu membuatku merasakan cinta yang sempurna...." - Raisa

Pasti bosen. Isinya cinta, cinta, cinta melulu. Coba aja deh rasain sendiri. Rasanya gimana? Jatuh cinta itu. Isinya hanya dia, dia dan dia. Hanya dia. Iya, Kamu :)

"Ada satu, dihatiku. Ada satu, dihidupku. Ada satu, dicintaku. Ada satu, kamu" - Vidi Aldiano - Ada Satu


 Sampai ketemu lagi, 9 Oktober 2013 :D